Jenis Kayu Untuk Rangka Plafon Lengkap & Terbaru

Posted on

Jenis Kayu Untuk Rangka Plafon – Berikut ini 4 Jenis Kayu Untuk Rangka Plafon paling Lengkap & Terbaru versi mediasatria.com. Tidak semua jenis kayu cocok untuk digunakan sebagai rangka plafon, tetapi tak perlu khawatir karena disini akan kami bagikan infonya.

Area plafon rumah atau yang biasa disebut dengan plafon adalah salah satu elemen bangunan yang memiliki fungsi sebagai batasan lapisan antara ruangan di bawah area atap. Plafon rumah juga memiliki peran sebagai keamanan, kenyamanan dan keindahan suatu ruang. Ketinggian langit-langit rumah bisa menjadi faktor yang menentukan penampilan sebuah ruangan.

Idealnya, ketinggian plafon di berbagai jenis hunian seperti rumah minimalis sederhana adalah sekitar 3 hingga 3,5 meter. Ketinggian ini mampu menghasilkan sirkulasi udara yang baik di rumah dan sebanding dengan penghuni di dalamnya.

Gatut Susantra menjelaskan beberapa Fungsi Langit-Langit Rumah dalam bukunya yang berjudul Panduan Lengkap untuk Membangun Rumah. Fungsi-fungsi langit rumah ini meliputi:

A. Sebagai batas tinggi ruangan sehingga ruangan tidak terlihat kosong.
B. Sebagai penghalang kotoran kecil yang memungkinkannya jatuh melalui celah-celah atap rumah.
C. Sebagai pembatas untuk cipratan air hujan yang jatuh melewati sela-sela atap.
D. Bantu sebagai isolator atau pengatur panas dan dingin yang berasal dari atap rumah.
E. Dan banyak lagi.

Hampir berbagai rumah hunian memiliki langit-langit yang dapat didekorasi dengan berbagai dekorasi unik, dicat dengan warna-warna yang sesuai dengan warna cat rumah yang elegan dan diberi lampu gantung yang menawan. Plafon tren yang selalu ketinggalan zaman adalah plafon kayu. Untuk membuat langit-langit kayu, Anda membutuhkan kayu sebagai bingkai langit-langit. Dengan artikel ini, Anda akan menemukan beberapa jenis kayu untuk kerangka plafon yang bagus. Berikut ini adalah daftar, yaitu :

Simak Juga :  Ukuran Glass Block Paling Baru & Lengkap

Jenis Kayu Untuk Rangka Plafon Populer

Jenis-Kayu-Untuk-Rangka-Plafon Jenis Kayu Untuk Rangka Plafon Lengkap & Terbaru
Jenis Kayu Untuk Rangka Plafon
  • Kayu jati

Siapa yang tidak kenal jati? Kayu sangat populer karena keindahannya dan tingkat kekuatannya yang baik menjadi pilihan utama sebagai salah satu bahan dalam membangun rumah. Kayu jati yang tidak hanya tahan terhadap jamur, rayap dan serangga kerap menjadi incaran meski harganya cukup mahal. Namun, keindahan yang ditawarkan sangat sepadan. Bagi Anda yang ingin tips hemat membangun rumah, kayu jati bukan pilihan yang cocok.

  • Kayu momala

Kayu ini adalah salah satu jenis kayu yang berasal dari Pulau Sulawesi. Spesies kayu Momala dikategorikan sebagai kayu keras dan memiliki ketahanan terhadap air. Selain berfungsi sebagai bahan rangka langit-langit, kayu Momola juga dapat digunakan sebagai bahan penghiasan kayu karena tingkat kekerasan kayu jenis ini telah diuji sebelumnya. Pemrosesan kayu Momola dengan metode lain juga dapat digunakan sebagai pelapis dinding.

  • Kayu keruing

Kayu keruing adalah salah satu jenis kayu khas yang berasal dari daerah tropis seperti Indonesia. Kayu keruing sangat mudah ditemukan di pulau-pulau besar seperti Jawa, Sumatra dan Kalimantan. Di pasar, statistik penjualan kayu keruing dianggap baik karena jenis kayu ini sangat dibutuhkan dalam industri pengolahan kayu. Pohon keruing biasanya memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan panjang batang yang bisa mencapai 35 meter dan diameter dengan ukuran yang sama. Berat kayu jenis ini juga berkisar dari 0,60 hingga 0,99.

  • Kayu agathis

Kayu lain yang dikategorikan sebagai jenis kayu untuk rangka plafon adalah kayu Agathis. Kayu yang memiliki nama latin Agathis Dammara diproduksi dari pohon damar yang tersebar di Indonesia, terutama di bagian-bagian seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Irian dan lain-lain. Meski berasal dari pohon damar, kayu ini berbeda dengan kayu damar pada umumnya. Kayu agathis memiliki kualitas yang cukup baik sehingga populer digunakan dalam industri mebel. Kayu ini tidak hanya digunakan sebagai langit-langit tetapi juga dapat digunakan sebagai barang lain seperti meja, dapur, kursi dan sebagainya.

Simak Juga :  Cara Cepat Menghitung Hebel 1 Kubik Berapa Meter

Saat Anda ingin mendesain plafon rumah menggunakan kayu, Anda harus terlebih dahulu tahu jenis kayu apa untuk rangka plafon yang bisa digunakan. Setelah itu, Anda bisa memilih kayu yang sesuai dengan konsep rumah dan anggaran yang telah disediakan. Demikian ulasan yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *